risiko investasi

Memulai investasi tidaklah sulit untuk dilakukan. Namun sebelum terjun berinvestasi perhatikan hal ini untuk meminimalisir risiko investasi.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya jika Anda menimbang beberapa hal berikut ini untuk meminimalisir risiko investasi.

1.    Perhatikan Tingkat Risiko

Berinvestasi memang memiliki perbedaan yang mendasar daripada menabung uang di bank. Sebab, investasi memiliki risiko yang cukup besar. Untuk itu, sebelum Anda memulai berinvetasi, sebaiknya pertimbangkan risikonya terlebih dahulu. Ketahui profil risiko dan seberapa jauh toleransi Anda dalam menghadapi penurunan modal atau hasil investasinya.

2.    Pertimbangkan Stabilitas Produk Investasi

Tingkat stabilitas dari produk investasi ini memiliki keterkaitan yang besar dengan faktor risiko. Setelah Anda mengetahui profil resikonya, maka sangat penting utnuk menimbang stabilitas dari sebuah produk investasi yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Kira-kira, apakah Anda nyaman dengan fluktuasu pasar yang tajam atau tidak? Selain itu, apakah Anda lebih senang menempatkan investasi dengan keuntungan yang sedang namun tetap stabil? Hal ini bisa Anda ketahui jika Anda sudah mengetahui profil risiko dan memilih produk yang tepat.

3.    Potensi Keuntungan

Hukum investasi tidak pernah berubah, yakni high risk, high return. Semakin tinggi peluang keuntungan yang bisa Anda dapatkan, maka akan semakin tinggi pula tingkat risiko investasi yang mungkin Anda dapatkan.

Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengetahui potensi keuntungan dari sebuah produk investasi. Hindari menawaran investasi yang menjanjikan untuk terlalu besar.

4.    Diversifikasi

Dalam berinvestasi, pastikan bahwa Anda memegang prinsip penting untuk jangan menempatkan investasi hanya dalam satu platform saja. Sebarlah investasi Anda di berbagai produk dengan beragam tingkat risiko yang ada. Ini merupakan salah satu cara tepat untuk meminimalisir risiko investasi dan mengoptimalkan hasil.

Investasi di Platfrom Crowdfunding Udana.d

Ingin mulai investasi? Salah satu yang sangat direkomendasikan dan bisa Anda coba saat ini adalah Udana.id. Melalui Udana.id, pebisnis bisa terhubung dengan sumber pendanaan alternatif yang akan membantu bisnis Anda tumbuh.

Selain itu, melalui Udana.id ini Anda bisa menemukan bisnis UMKM & Waralaba yang Anda suka dan mulai menjadi investor untuk kemajuan perekonomian bangsa tanpa perlu pusing dengan operasionalnya sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.