meraih kekayaan di usia muda

Dewasa ini semakin banyak masyarakat yang menyadari begitu pentingnya berinvestasi sedari dini. Simak 5 Tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan investasi. Investasi merupakan sebuah kegiatan penanaman modal atau dana yang dilakukan dengan harapan agar mendapatkan keuntungan (return) di masa yang akan datang. 

Dengan adanya kegiatan investasi ini, perilaku keuangan memiliki peran yang krusial dalam pengambilan keputusan seseorang untuk memulai berinvestasi. Pengambilan keputusan keuangan pada kegiatan investasi akan sangat dipengaruhi oleh informasi yang didapat dan pengetahuan yang dimiliki para investor mengenai investasi. Biasanya para calon investor akan melakukan berbagai riset sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, seperti mempelajari laporan keuangan dari perusahaan, kinerja perusahaan secara keseluruhan, track record atau portofolio, keadaan ekonomi, risiko, publikasi yang diberikan media terhadap perusahaan, dan lain sebagainya. Kegiatan riset ini dilakukan agar investasi yang dilakukan dapat menjadi sumber kekayaan untuk kedepannya.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan kekayaan di masa yang akan datang, tetapi belum pernah memiliki pengalaman berinvestasi dan masih bertanya-tanya bagaimana sih cara memulai investasi? Apa saja sih yang perlu diperhatikan sebelum melakukan investasi? Yuk, kita simak tips-tips di bawah ini!

1. Memahami secara mendalam tentang investasi

Sebelum membuat keputusan untuk berinvestasi, pastikan Anda memahami terlebih dahulu apa itu investasi. Terutama bagi Anda yang masih pemula dan baru saja ingin memulai investasi. Oleh karena itu, Anda harus banyak-banyak mencari informasi mengenai investasi, entah itu dari artikel-artikel yang berbicara tentang investasi, majalah, buku, atau bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman dalam berinvestasi. Dengan memahami investasi, tujuan Anda untuk berinvestasi akan semakin jelas dan mengetahui produk investasi manakah yang cocok dengan tujuan yang akan ditetapkan.

2. Mengetahui Keuntungan yang Akan didapatkan Melalui Investasi

Setelah memahami investasi secara mendetail, hal yang selanjutnya wajib untuk dipahami adalah keuntungan yang didapatkan pada saat melakukan investasi. Hal yang penting diketahui pada keuntungan dari perolehan investasi adalah capital gain dan pembagian dividen. Capital gain merupakan keuntungan yang didapat melalui selisih antara harga beli dan harga jual saham. Capital gain biasanya didapatkan pada investasi jangka Panjang atau trading.

Sedangkan pembagian dividen merupakan keuntungan yang didapatkan dari perusahaan di mana kita menanamkan modal kita dari awal. Dividen merupakan keuntungan yang dibagikan kepada investor dari perusahaan. Pembagian dari dividen ini sesuai dengan porsi dari besarnya nilai saham. Dividen yang diberikan biasanya merupakan keuntungan secara keseluruhan yang dibagi menjadi laba bersih.

3. Mengelola Perencanaan Keuangan

Mengelola keuangan pribadi terlebih dahulu sebelum melakukan investasi.  Tujuannya adalah agar pendapatan aktif dapat terkelola dengan efektif dan efisien. Maka dari itu, sebelum melakukan investasi Anda harus bisa membuat anggaran keuangan pribadi terlebih dahulu. Sehingga pada saat hari investasi tiba, kita sudah tahu dana mana yang akan digunakan untuk berinvestasi. Jangan sampai Anda berhutang demi melakukan investasi.

4. Menentukan Tujuan Berinvestasi

Sebelum melakukan investasi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari melakukan investasi. Tujuan tersebut nantinya dapat memberikan arah dan juga motivasi untuk dicapai. Dalam hal ini Anda harus memastikan terlebih dahulu kebutuhan di masa yang akan datang. Misalnya, untuk memaksimalkan kekayaan, mempersiapkan dana Pendidikan untuk anak, atau menyiapkan dana pensiun. Sehingga setelah mengetahui tujuan tersebut Anda dapat memastikan besaran dana yang akan dibutuhkan di masa yang telah ditentukan.

5. Memulai Investasi dengan Modal Kecil Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan investasi dengan modal yang besar, Anda dapat memulainya dengan modal yang sedikit terlebih dahulu. Anda dapat mencari platform investasi yang menyediakan modal awal yang rendah.

Platform Investasi Crowdfunding Udana.id

Melalui platform Investasi Crowdfunding Udana.id, Anda dapat melakukan investasi urun dana dengan para investor lain. Platform Udana.id sudah mendapatkan izin dan diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terjamin aman bagi Anda selama berinvestasi.

Tips-tips di atas akan memudahkan Anda untuk memulai berinvestasi. Sebagai investor pemula Anda harus selalu ingat, bahwa untuk berinvestasi tidak perlu tergesa-gesa yang penting Anda harus memahami terlebih dahulu seputar investasi. Dalam mencapai kesuksesan berinvestasi, Anda membutuhkan waktu yang panjang dan pengorbanan terhadap uang. Udana.id siap membantu Anda untuk memulai berinvestasi dengan modal yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.