manfaat equity crowdfunding bagi umkm

Equity crowdfunding merupakan investasi yang relatif baru dengan skema membeli saham dari sebuah perusahaan melalui platform crowdfunding. Perbedaan antara equity crowdfunding dan investasi lainnya terletak pada cara investor memperoleh pengembalian dan tingkat risiko yang terkait dengan investasi tersebut. Berikut adalah beberapa perbedaan antara equity crowdfunding dan investasi lainnya:

Return on Investment

Pada instrumen equity crowdfunding, investor akan memperoleh return melalui capital gain atau dividen yang diperoleh oleh bisnis yang diinvestasikan dan berpotensi meraih keuntungan yang lebih besar dibanding instrumen investasi lainnya. Jika perusahaan tersebut berhasil tumbuh dan memperoleh keuntungan, investor juga akan memperoleh keuntungan. Sementara itu, dalam investasi lainnya, return on investment, sebagai contoh obligasi, investor akan memperoleh pengembalian berupa bunga atau dividen yang tetap namun kecil.

Risiko Investasi

Equity crowdfunding memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi daripada investasi lain. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa perusahaan yang diinvestasikan cenderung masih dalam tahap UMKM dan belum terbukti berhasil. Namun disanalah fungsi daripada investor yang bisa memberikan insight untuk perkembangan bisnis. Equity crowdfunding cenderung memberikan return yang lebih besar dibandingkan instrumen lainnya karena sifat bisnis UMKM yang tidak menghabiskan biaya operasional besar namun menghasilkan laba tinggi. Sebaliknya, investasi lainnya seperti obligasi dan reksadana memiliki risiko yang lebih rendah karena pengembalian telah ditetapkan pada saat investasi dilakukan akan tetapi return yang didapatkan kecil.

Dalam kesimpulannya, equity crowdfunding dan investasi lainnya memiliki perbedaan yang signifikan. Equity crowdfunding bersifat high risk high return, sedangkan investasi sebagai contoh obligasi bersifat low risk low return. Sekarang kamu bisa berinvestasi di instrumen equity crowdfunding di Udana.id! Udana.id merupakan platform investasi equity crowdfunding yang telah berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Melalui Udana.id, masyarakat dapat berinvestasi secara patungan ke bisnis-bisnis UMKM milik siapapun yang mendaftarkan bisnisnya di Udana.id. Rencanakan pemasukan Anda dengan membagi sekitar 10-20% untuk investasi. Investasi di Udana.id dijamin praktis, mudah, terpercaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.