mengapa equity crowdfunding untung

Equity crowdfunding dan saham memang terlihat sama, tapi terdapat beberapa perbedaan yang cukup penting antara keduanya. Sebagaimana yang diketahui, equity crowdfunding adalah skema investasi dengan urun dana yang mendanai sebuah bisnis skala UMKM atau startup dengan berbagai ketentuan yang ada. Sedangkan saham adalah skema investasi yang dimana dana investor dialihkan untuk keberlangsungan bisnis korporasi besar.

Ada 3 perbedaan dari equity crowdfunding dan saham yang dirangkum oleh MinU diantaranya adalah sebagai berikut.

3 Perbedaan Investasi Equity Crowdfunding dan Saham

1. Cara Mendapatkan Akses

Salah satu perbedaan utama antara equity crowdfunding dan saham adalah cara mendapatkan akses ke investasi tersebut. Equity crowdfunding biasanya tersedia bagi investor ritel melalui platform online, sedangkan saham biasanya diperdagangkan di bursa saham dan dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki akun di perusahaan sekuritas.

2. Jumlah Investasi

Equity crowdfunding juga biasanya memiliki minimum investasi yang lebih rendah dibandingkan saham. Hal ini memungkinkan investor ritel dengan modal terbatas untuk ikut serta dalam investasi tersebut. Namun, ada juga beberapa platform equity crowdfunding yang memiliki minimum investasi yang sama dengan saham.

3. Dokumen dan Informasi yang Disediakan

Sementara saham biasanya memiliki dokumen yang cukup terperinci tentang keuangan perusahaan dan prospek bisnisnya, equity crowdfunding mungkin tidak selengkap itu. Namun, platform equity crowdfunding biasanya menyediakan informasi yang cukup untuk membantu investor membuat keputusan investasi.

Meskipun demikian, equity crowdfunding dan saham memiliki beberapa kesamaan juga. Kedua jenis investasi ini merupakan cara bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari investor dan keduanya memiliki resiko yang sama terkait dengan keberhasilan perusahaan. Jadi, sebelum memutuskan untuk ikut serta dalam equity crowdfunding atau saham, sebaiknya pertimbangkan dengan cermat dan carilah saran dari profesional keuangan.

Sekarang kamu bisa berinvestasi di instrumen equity crowdfunding. Skemanya yaitu berinvestasi pada bisnis UMKM bahkan milik tokoh-tokoh ternama, sehingga lebih bisa kamu kontrol secara langsung.

Udana.id merupakan platform investasi equity crowdfunding yang telah berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Melalui Udana.id, masyarakat dapat berinvestasi secara patungan ke bisnis-bisnis UMKM milik siapapun yang mendaftarkan bisnisnya di Udana.id.

Rencanakan pemasukan Anda dengan membagi sekitar 10-20% untuk menabung, investasi dan menyiapkan dana darurat. Investasi bareng Udana.id dijamin praktis, mudah, terpercaya! Kamu bisa lihat artikel launching kerjasama dengan Ahmad Dhani dengan klik kalimat ini. Daftar akun sekarang di www.udana.id agar kamu bisa berinvestasi di bisnis milik Ayu Ting Ting dan Ahmad Dhani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.