crowdfunding

Crowdfunding merupakan sebuah istilah dalam layanan finansial yang berarti skema patungan atau urun dana. Jenis investasi yang satu ini juga mulai banyak diminati oleh kalangan investor di tanah air. Salah satu platform crowdfunding Indonesia yang populer dan telah berizin OJK yaitu Udana.id.

Udana.id (PT Dana Rintis Indonesia) merupakan platform urun dana bisnis yang hadir untuk membuka akses pendanaan dan investasi bagi semua kalangan di tanah air.

Melalui Udana.id, anda bisa memiliki saham di berbagai macam bisnis potensial, tanpa harus kebingungan memikirkan bagaimana mendirikan dan memelihara bisnis dari awal tersebut.

Pengertian Crowdfunding

Crowdfunding berasal dari kata crowd yang berarti keramaian dan secara tersirat memiliki makna sejumlah besar orang, dan funding yang artinya pengumpulan dana. Dengan begitu, metode ini adalah salah satu teknik pengumpulan dana yang dilakukan oleh banyak orang dan nantinya dana tersebut akan dipakai untuk tujuan suatu bisnis.

Dalam Bahasa Indonesia, ini disebut dengan urun dana. Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), urun dana merupakan pendanaan suatu usaha, proyek, dan sebagainya yang melibatkan masyarakat, biasanya melalui jejaring internet.

Dengan kata lain, merupakan skema pendanaan sebuah proyek bisnis yang dilakukan dengan penggalangan dana atau oleh beberapa investor yang memiliki cara kerja mudah dan murah. Hal ini bisa diandalkan sebagai investasi yang menguntungkan untuk anda yang ingin mudah berinvestasi.

Sebagai informasi, metode urun dana ini juga menjadi salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang mulai kembali muncul dan banyak dimanfaatkan orang untuk membantu para pengusaha maupun UKKM yang sedang merintis usaha.

Kelebihan Crowdfunding

Dimulai dengan adanya sistem kerja Crowdfunding yang membuat pilar utama sebagai website dan kepemilikan modal biasanya akan memiliki beberapa kelebihan tentunya.

Dari adanya kelebihan Crowdfunding biasanya akan menjadi daya tarik tersendiri. Untuk itu kelebihan dari crowdfunding tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Pengajuan Pendanaan Dengan Sistem Online

Pendanaan pada sistem crowdfunding memang lebih fleksibel, dengan ini sistem yang bekerja dilakukan secara online agar calon penanam tidak kesulitan.

Kemudian proposal usaha akan diberikan melalui situs crowdfunding yang digunakan untuk pemastian pendanaan, terlebih untuk prospek perjanjian di masa yang akan datang. Mekanisme dari sistem ini memang menghemat tenaga, waktu dan biaya sehingga metode yang digunakan akan lebih efektif.

2. Prosesnya Mudah, Singkat, dan Aman

Dalam proses pendaftaran pun crowdfunding memang terlihat mudah dan waktu yang digunakan pun cukup cepat. Hal ini dikarenakan data lampiran pada situs crowdfunding selalu terjaga dengan aman, bahkan informasi tentang pemilik modal tidak bisa dibobol oleh siapapun. Dari sini situs Crowdfunding dilengkapi dengan sistem keamanan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

3. Tanpa Uang Muka atau Jaminan

Platform crowdfunding juga memberikan keleluasaan bagi para pelaku bisnis yang mendapatkan modal tanpa penyediaan uang muka maupun jaminan.

Sistem tanpa uang muka yang dilakukan situs crowdfunding ini memang sangat menguntungkan. Sebab pelaku bisnis tidak memiliki jangka waktu dalam pembayaran modal. Hanya saja mereka diberikan kesepakatan dalam kelancaran proses pendanaan pada persetujuan awal.

4. Akses Terbaru dan Terefisien Dalam Permodalan

Pada proses pengajuan pinjaman biasanya akan dipusingkan dengan segala macam persyaratan dari pihak Bank. Namun pada situs crowdfunding akan lebih efektif dengan cara permodalan baru. Untuk itu sistem crowdfunding tidak perlu diragukan jika kalian yang memang membutuhkan dana dalam pembangunan bisnis. Terlebih lagi kalian akan mendapat keuntungan besar dari investor yang tertarik dalam bisnis tersebut.

Salah satu yang populer adalah Udana.id. Melalui platform Udana.id, kamu bisa memiliki saham di berbagai macam bisnis potensial. Tanpa harus kebingungan memikirkan bagaimana mendirikan dan memelihara bisnis itu dari awal.

Anda dapat memilih langsung untuk berinvestasi di perusahaan startup maupun pelaku industri UMKM idaman. Udana.id menyediakan jalan yang dapat membantu pebisnis terkoneksi dengan sumber pendanaan yang fit dan proper dengan rencana strategis mereka. Sehingga pelaku bisnis di Indonesia dapat tumbuh dan scale up menghadapi persaingan global. Dan tentunya dapat membangkitkan perekonomian Indonesia agar lebih maju dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.