mengapa equity crowdfunding untung

Pengertian equity crowdfunding adalah suatu skema dimana suatu institusi atau individu melakukan pengumpulan dana dari banyak pemodal melalui platform crowdfunding. Pemodal yang ikut dalam equity crowdfunding akan mendapatkan saham dari perusahaan yang mengajukan dana.

Skema ini dilaksanakan atau diwadahi oleh Penyelenggara yang akan menghubungkan antara Pemodal dan Penerbit. Equity crowdfunding dilakukan melalui sistem elektronik sehingga memudahkan skema ini berjalan. Adapun equity crowdfunding memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal tersebut harus dipelajari dengan seksama oleh para pelaku equity crowdfunding yang terdiri dari Pemodal, Penerbit, Penyelenggara. Berikut adalah kelebihan dari equity crowdfunding.

Kelebihan Instrumen Investasi Equity Crowdfunding

  1. Dapat mengumpulkan dana dari banyak pemodal dengan cepat.
  2. Dapat menjangkau investor yang tidak terbatas hanya pada lingkup lokal saja.
  3. Dapat memperluas jaringan bisnis dan memperkenalkan perusahaan kepada calon investor yang lebih luas.
  4. Prosesnya yang lebih mudah dibandingkan dengan cara tradisional, seperti mengajukan proposal kepada bank atau mengikuti proses penawaran saham publik.

Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, equity crowdfunding memiliki kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kekurangan Instrumen Investasi Equity Crowdfunding

  1. Risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara tradisional, karena perusahaan yang mengajukan dana mungkin tidak memiliki track record yang baik atau belum teruji secara pasar.
  2. Dapat terjadi penurunan nilai saham yang signifikan jika perusahaan tidak berjalan sesuai dengan harapan.
  3. Pemodal mungkin tidak memiliki kontrol yang besar atas perusahaan yang ia modali, karena ia hanya memiliki saham kecil dari perusahaan tersebut.
  4. Ada kemungkinan pemodal tidak mendapatkan dividen atau keuntungan jangka pendek dari investasinya.

Secara keseluruhan, pengertian equity crowdfunding merupakan cara yang inovatif untuk mengumpulkan dana untuk perusahaan, namun pemodal harus mempertimbangkan risiko yang terkait dengan investasi tersebut. Sekarang kamu bisa berinvestasi di instrumen equity crowdfunding. Skemanya yaitu berinvestasi pada bisnis UMKM bahkan milik tokoh-tokoh ternama, sehingga lebih bisa kamu kontrol secara langsung.

Udana.id merupakan platform investasi equity crowdfunding yang telah berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Melalui Udana.id, masyarakat dapat berinvestasi secara patungan ke bisnis-bisnis UMKM milik siapapun yang mendaftarkan bisnisnya di Udana.id.

Rencanakan pemasukan Anda dengan membagi sekitar 10-20% untuk menabung, investasi dan menyiapkan dana darurat. Investasi bareng Udana.id dijamin praktis, mudah, terpercaya! Kamu bisa lihat artikel launching kerjasama dengan Ahmad Dhani dengan klik kalimat ini. Daftar akun sekarang di www.udana.id agar kamu bisa berinvestasi di bisnis milik Ayu Ting Ting dan Ahmad Dhani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.